Langsung ke konten utama

DRAMA CINTA

Drama Percintaan
 “Alasan Aku Mencintaimu”

Pemeran
Reza                    
Luna                       
Shinta                  
Olive                             
Dokter                 
Manajer Shinta     
Suami Meta            
Ibu Heru                










Luna dan Reza adalah pasangan suami istri yang sudah menikah selama tujuh  tahun namun belum dikaruniai anak . Luna dan Reza saling mencintai, mereka begitu hangat dan romantis. Mereka sangat menginginkan kehadiran anak sebagai pelengkap kebahagiaan mereka.
Luna : sayang, baru pulang ? ko tumben telat ?
Reza : iya sayang, tadi ada lembur dikit tapi aku kangen sama kamu jadi aku ga ambil deh lemburnya ..
Luna : dasar kamu, gombal ! udah sana mandi .. udah aku siapin air anget sayang .
Reza : iyaiya bawelllllllllllllllllllll...
****
Luna adalah seorang penulis . Dia mempunyai teman karib sekaligus sahabat bernama Olive. Luna selalu bercerita tentang kehidupannya pada Olive . Olive pun sebaliknya . Saat jam makan siang di kantor mereka makan siang bersama di kantin kantor sambil berbincang **
Olive : Eh Lun, lo tau suami gue tu kerjaannya main ps mulu sama anak gue yang bontot kalo abis pulang kerja . sebel banget gue, bukannya anak diajarin buat belajar apa gimana .. huuh
Luna : hah masa sih ? haha ya tuh dia juga dah ngajarin anak lo belajar . belajar main ps . hahha
Olive : sialan lo !
Luna : hahha eh oya kata bos ada kerjaan bagus ke Bangkok . lo ga ngambil ?
Olive : heleh knapa ga lo aja yang ngambil ? lo tau kan gimana rewel nya anak ama suami gue . Apalagi kalo mereka gue tinggal ? jadi kapal pecah rumah gue ?
Luna : hahha oya ya? Yah lo tau gimana reza kan, ga bisa masak gabisa ngurus rumah . ga bisa gue kalo jauh dari dia cinn.. hehhe
Olive : aalaah so romantis lo, belaga kayak baru married 2bulan aja . wkwkwkwk
Luna : ohh ya dong , harus always romantis gue . biar awet , hihiii
Olive : oya gue ada kabar baru nih, gue seneng banget . Gue bunting lagi .  Gimana ? anak gue jadi 3 ?
Luna : (termenung ) beruntung banget lo Liv, bunting mulu . Gue aja yang pengen bunting ga bisa2. Eh tapi selamet yah ..
Olive : (sambil mengelus bahu Luna ) mmmm sabar ya honey, Tuhan Cuma lagi ngetes kesabaran lo aja kok . ntar kalo udah waktunya juga lo bunting . hehhe oke tetep semangat yah ?
Luna : hmm yayayaya tapi... apa gue ke dokter aja ya Liv ?
Olive : nah ide bagus tuh . siapa tau dokter punya solusi bagus buat masalah lo ma Reza ?
Luna : iya juga ya Liv, oke besok gue ngajak laki gue ke dokter. Moga aja dia mau .
Oliv : sipp deh, eh kayaknya jam makan siang udah abis nih . balik yoo..
Luna : yo yo yo.. 
**Disisi kehidupan lain Shinta adalah artis terkenal yang sedang naik daun. Namun dia sedang dilanda permasalahan dengan sang suami karena dia mandul. Saat dia telah selesai pemotretan Alex (manajer Shinta) menghampirinya .**
Alex : hei, bener2 hebat lo sin.. padahal dulu waktu pertama kali gue ketemu kakak lo ,dia bilang lo waktu kuliah ga secantik ini.
Shinta : jiah, kakak gue bilang gitu ? sialan, buka aib gue dia . tapi bener juga dia, gue sama sekali ga bisa dandan .haha
Alex  : hahha serius lo ?eh mau dong gue liat foto lo waktu masih kuliah ..
Shinta : jiahh, ada ada nih masih gue simpen.. nih (sambil memperlihatkan foto kuliahnya bersama mantan pacarnya )
Alex : wah siapa nih shin ?? mesra banget lo ama dia ? pacar lo ?
Shinta : iya itu mantan gue, namanya Reza .
Alex : wah, terus dia ga nyesel gitu lo sekarang dah sukses gini ?
Shinta : yah, kan dulu gue yang ninggalin dia . dan begonya gue ninggalin dia demi Heru yang sekarang nurutin ibunya buat nyerain gue gara2 gue ga bisa kasih dia anak .
Alex : udah shin sabar ..
Shinta :yah gue sabar, gue Cuma butuh cowo yang bakal trima gue apaa adanya . eh tolong cariin nomor mantan gue si Reza yah lex.. dah lama gue ga kontekin dia.
Alex : ga ada orang yang sempurna di dunia ini shin, masih banyak yang mau nrima lo dengan segala kondisi lo. Ah sipp gue cariin .
**Shinta kemudian pilang ke rumah mertuanya untuk mengambil barang-barang miliknya .**
Shinta : (membuka pintu pelan-pelan sementara Heru dan Ibunya sedang duduk di ruang tamu ) Saya Cuma mau ngambil barang-barang bu ..
Ibu Heru :he.em (dengan nada sinis)
*Heru kemudian menyusul Shinta ke kamar .*
Ibu Heru : Heru.. Heru..
Heru : kamu ga ganti baju dulu Shinta ? nanti kamu sakit loh..
Shinta : udah telat .
Heru : sekarang kamu tinggal dimana ? masih di hotel ?
Shinta : apartement mas, baru beli . Itu juga masih kosong , baru ada ranjang doang .
Heru : uangnya ada ? apartement mana ?
Shinta : kenapa mas tanya gitu ? toh aku juga dah ga layak buat mas . Aku pamit mas. Maafin aku. (pergi meninggalkan Heru)
Heru : hey aku yang minta maaf .
Shinta : Bu, aku pamit .
Ibu Heru : Ya .
Heru : Shinta tunggu Shin..
Ibu Heru : Heruuu ! Perusahaan bapak kamu kan butuh pengurus, kamu tau too apa yang harus kamu lakukan .
**
Pagi sebelum Reza berangkat kerja , Luna yang sedang membuatkan sarapan untuk suaminya itu kemudian menghampiri Reza . Tampaknya ia ingin mengajak Reza ke dokter .
Luna : Mas, kayaknya saatnya sekarang kita musti ke doker deh ,,
Reza : buat apa ? kamu sakit sayang ??
Luna : ga mas, aku pengen ngecheck tentang kesuburan aku . rasanya rumah tangga kita sia- sia banget selama ini kalo kita terus2an ga ada usaha kek gini...
Reza: tapi kalo kita ke dokter sama aja ngakuin kalo kita ga subur sayang ? aku disamping kamu tu ga pernah sia sia. kan kita nikah tujuannnya bukan cuma pengen punya anak. Tapi karna aku sayang sama kamu .
Luna : aku sayang banget sama kamu makanya aku pengen ngasih kamu anak. Ngerti ?
Reza : yaudah yaudah besok kita ke doker , sekarang aku mau pergi  kerja dulu honey . yah,
Luna : iya sayang makasih, ati2 dijalan. Miss u .. jangan nakal dikerjaan. Aku sayang kamu .
Reza : iya bawelll, miss u too .
**  keeseokan harinya Luna dan Reza ke dokter **
Dokter : ibu Luna ?
Luna : iya dok..
Dokter : iya ada problem apa ibu Luna ?
Luna : ini dok, saya udah 7tahun married tapi belum bisa punya keturunan .
Dokter: oh yaya ibu saya paham. Siklus mens anda teratur ?
Luna : teratur dok .
Dokter : baiklah , sekarang mari masuk ke dalam ruang pemeriksaan . kami perlu melakukan beberapa tes untuk menentukan solusi apa yang harus diambil. mari bu ..
** Luna dan dokter pergi ke ruang pemeriksaan sementara Reza menunggu di luar , setengah jam kemudian Dokter keluar dari ruang pemeriksaan . Dan berbicara terhadap Reza **
Reza : gimana dok ? istri saya sehat kan ?
Dokter : iya pak, istri bapa sehat kondisi fisiknya . namun kami juga perlu melakukan tes dengan kesuburan bapak.
Reza : saya ga bisa sekarang dok, saya takut menyinggung perasaan istri saya .
Dokter : iya pak, kalo untuk waktu terserah bapak saja jika bapak sempat. kalau bisa secepatnya jadi hasil analisa akan keluar secepatnya .
Reza : baiklah dok , besok saya akan kesini . tapi tidak dengan istri saya .
Dokter :iya baiklah .
** tak lama kemudian Luna keluar dari ruang pemeriksaan dokter **
Luna : gimana dok hasilnya bisa keluar kapan ?
Dokter : secepatnya ibu, kami akan menghubungi ibu atau bapak jika hasil tes sudah keluar. Tinggalkan saja nomor ibu atau bapak .
Reza : iya dok, baiklah kami permisi dulu .
Dokter : oh iya iya silahkan ..
** keesokan harinya Reza diam2 datang ke dokter untuk periksa tanpa sepengetahuan Luna dan hasilnya ..**
Dokter : kami turut prihatin dengan ketidaksuburan anda bapak.
Reza : ( dengan wajah muram ia berusaha menjawab ) iya dok, saya coba kuat dengan keadaan saya yang seperti ini .
** Reza pulang dengan wajah murung , lalu hasil tesnya tadi ia simpan di jas kerjanya . **
Saat dia pulang , sang istri seperti biasa menyambutnya dengan hangat . Luna melepas jas yang dikenakan Reza tadi , saat Luna akan membawa jas itu ke kamar tiba2 selembar kertas jatuh dari saku  jas Reza. Kemudian Luna membaca isi dari kertas tersebut. Luna langsung menghampiri Reza .
Luna : plaakkkkk ( Luna menampar Reza ) !!! maksud kamu apa mas ?brengsek kamu, kamu nggak pernah ngasih tau saya tentang ini ! kamu biarin saya terus2an terpuruk dengan keadaan kita yang ga bisa punya anak .!!! tapi kamu .....!!!!!!!!!!!!!!!!!
Reza : Sayang aku bisa jelasin semuanya ..
Luna : apa kamu mau ngomong apa udah jelas2 semuanya ! pergi kamu ! pergi ! aku benci banget sama kamu mas !!!!!!!!!!!!!!!!!!
** Akhirnya Reza pergi dari rumah , disela2 waktu itu Shinta menghubungi Reza . Mereka janjian untuk bertemu .**
Shinta : heiii mas..
Reza : yah , hei juga Shin.
Shinta : kamu udah beda yah mas, tambah ganteng. Makin keliatan dewasa ..
Reza : halah kamu bisa aja , kamu tuh udah jadi model terkenal . Kirain udah lupa sama aku .
Shinta : ya nggak lah mas, aku gak mungkin lupa sama kamu. Kamu mantan aku paaaaaaaaaaaaling gokil di kampus . Oya gimana  sama istri kamu mas ? dia orang mana ? kamu udah punya anak berapa ?
** Mereka berbincang2 mengenai kehidupan rumah tangga mereka yang sejujurnya.**
Shinta : kita senasib mas, aku mengerti perasaan kamu . karna aku juga ada di posisi kamu sekarang .
Reza : iya Shin, aku gak ngerti harus gimana . aku ga mau cerai sama Luna . tapi dia bersih keras seperti nggak mau menerima aku apa adanya . Beda sama komitmen kita waktu married dulu. Dia bilang “ adanya aku bakal melengkapi dia sesempurna mungkin “. Tapi sekarang itu cuma kenangan ..
Shinta : iya mas,aku ngrti perasaan kamu sekarang . Aku ditinggal Mas Heru dan kamu juga ditinggal Luna . Dan sebabnya pun sama. Kita gak bisa kasih mereka anak . Ini takdir mas, kita bisa apa buat ngelawan semua.
Reza : makasih , udah mau ngerti perasaan aku Shin, udah mau dengerin curhatan aku .
**Mereka berdua sering bertemu dan melakukan kontek satu sama lain . Kedekatan pun terjalin diantara mereka lagi . Mereka sering pergi bersama , ke mol , ke restauran dll . Suatu malam mereka pergi ke restauran untuk makan bersama .  Tapi tanpa mereka sadari Luna melihat mereka sedang berduaan. Hati Luna pun hancur . Kemudian dia langsung pulang dan berniat pergi dari rumah .**
Shinta : makasih ya mas udah mengisi hari2ku , seengganya aku bisa melupakan masalahku dengan mas Heru .
Reza : iya sama2 shin, aku juga bisa lupa sama masalahku dengan Luna.
Shinta : he.em mas, kayaknya.... waktunya aku harus ngomong ke kamu tentang perasaan aku selama ini ke kamu .
Reza :perasaaan apa maksud kamu ?
Shinta : emmmm..
Reza :emmm apa shin ? ngomong yang jelas  dong ..
Shinta : sebenernya aku malu buat ngmong ke kamu mas.. aku ngrasa ada kecocokan sama kamu . aku masih cinta sama kamu . aku ngerasa kamu satu satunya orang yang mau ngerti dan nerima aku apa adanya mas.
Reza : sorry shin, aku ga ngerti kamu ngomong apa ?
Shinta : aku cinta sama kamu mas, aku pengen kita menikah. dan mulai hidup baru lagi .
Reza : saya ga bisa shin .
Shinta : tapi saya butuh kamu mas ..
Reza : tapi aku bukan butuh kamu, tapi Luna .
Shinta : tapi dia gak bisa ngertiin kamu. Dia ninggalin kamu mas . Aku yang bisa ngertiin kamu mas, cuma aku .
Reza : ya. Tapi maafin aku shin, saya tau cuma kamu yang bisa ngertiin saya, tapi ini ( sambil mengeluarkan cincin pernikahan Reza dan Luna ). Sampai kapanpun saya gak akan pernah mau berhubungan sama siapapun termasuk kamu. karna apa ? karna saya sayang ama Luna .
Shinta : kalo kamu ga sama aku, kamu sama siapa mas ? aku sama siapa ?
** Reza terdiam dan kemudian pergi meninggalkan Shinta . Dia pulang kerumah. Ternyata dia mendapati Luna sedang berkemas dikamar .**
Reza : sayang.. kamu mau kemana?
Luna : saya mau pergi dari sini .
Reza : kamu mo ninggalin saya karna saya mandul ?
Luna : kamu yang ninggalin saya! disaat saya lagi susah susahnya menerima keadaan kamu. kamu dimana mas? dimana kamu ? kamu pergi sama dia kan? Diantara jutaan wanita mas, kamu pikir perasaan saya !
Reza : saya gak selingkuh !! kalo kamu ngomongin perasaan kamu terus gimana sama perasaaan saya? diantara kita berdua yang mandul saya bahwa saya gak bisa dan ga akan pernah isa wujudin impian kamu punya anak. itu kamu gak ngerti dan dia ngerti ! itu karna dia sama kaya saya! saya sayang sama kamu , kamu bilang kamu mau membangun keluarga bahagia ?
Luna : (sejenak terdiam ) saya tetap akan membangun keluarga mas,tapi bukan sama kamu .
Reza : sayang .. sayang ..
Luna : udahlah .. (sambil mencopot cincin pernikahanditangan luna )
** Setelah itu beberapa hari kemudian Luna mengajukan permintaan ke bosnya untuk mengambil kerja di Bangkok dan bosnya pun menyetujui .**
**Saat Reza pergi ke mol untuk membeli makanan ringan dia bertemu Olive , sahabat Luna . **
Reza : Oliv? Ngapain lo disini ?
Oliv : eh Reza , lagi belanja bulanan nih . lo ngapain ? Luna nya mana ?
Reza : yah lo tau kan Luna pergi dari rumah kemarin sore . gue sendirian deh di rumah .
Olive : hah? Terus lo ga berusaha nyegah dia gitu ?
Reza : udah Liv, tapi lo tau dia kan. Dia bener-bener gak mau gue bilangin . Gue bingung musti ngapain ..
Olive :yah kalian kaya anak kecil banget sih.
Reza : Liv, kasih tau gue dimana Luna sekarang ?
Olive : gue  gak tau za .
Reza : boong lo pasti tau . kasih tau gue Liv pliss. Gue sayang banget sama Luna.
Olive : oke oke oke gini za, gue mo kasih tau lo rahasia yang sebenernya Luna gak mau kalo gue ceritain ini ke lo .
Reza : terusss ..?
Luna : yah, Luna pindah kerja za, ke Bangkok . besok siang dia berangkat . jam sepuluh .
**Saat Reza berada di kantor , dia terpikirkan kata2 Oliv semalam .Tiba-tiba Juki teman kerjanya datang .**
Juki : za, gimana ? client lo yang jam 7 sampe jam 8 belum kelar kan ?
Reza : lo bilang ke mereka , gue gak bisa ketemu mereka hari ini. Gue cancel semua jadwal gue hari ini .
Juki : terus gue harus bilang apa ke mereka??
Reza : gue ada urusan penting( sambil mengambil langkah cepat menuju pintu)
 Juki : woyy gila lo .. lo kan udah ada janji ? lo mau kemana  kalo kena bos gak bakal bisa selamat lo .
Reza : yaa karena gue sekarang mo nyelamatin pernikahan gue !
** Reza bergegas menuju bandara untuk menemui Luna . **
** Akhirnya ia bertemu Luna .**
 Luna : ngapain kamu disini mas ?
Reza :aku ga mau kita cerai .
Luna: kamu bisa kasih saya alasan gak kenapa kita gak harus bercerai ?
Reza : aku cinta sama kamu dan aku tau kamu juga cinta sama aku .
Luna : iya tapikan itu alasan kenapa kita mau nikah. sekarang saya tanya sama kamu apa alasan supaya kita gak bercerai ?
Reza : (terdiammm )
Luna : saya udah boarding .. (sambil meninggalkan Reza)
**Luna bertemu Olive .**
Olive : luna !
Luna : hey liv,ngapain lo disini ?
Olive : gue mau ketemu lo, gue mau bilang pliss lo jangan ke Bangkok . semalem gue ketemu Reza . gue tau dia stress banget mikirin lo , dia sayang banget sama lo. Lo tega ninggalin dia gitu aja ?
Luna : iya gue tau Liv, tapi Reza deket sama Shinta si mantan pacarnya itu waktu kuliah. Dan gue gak tau mereka ada hubungan apa .
Olive : engga engga Lun, Reza udah jelasin ke gue tentang dia sama Shinta. dia gak ada apa2 . Emang Shinta sempet ngajak dia balikan tapi dia tolak mentah2 demi lo . sadar gak sih lo kalo dia itu cinta banget sama lo. Dia gak mungkin selingkuh! plis batalin niat lo sekarang , mumpung belum terlambat .
Luna : lo yakin ? lo bisa dipercaya ?
Olive : yakin gue Lun, sekarang lo pulang yah .. Kasian dia pasti stress banget sama kejadian ini .
**Lalu Luna mengikuti saran Olive , Dia pulang kerumah dan menemui Reza .**
Reza : kamu gak jadi ke Bangkok ?
Luna : kamu cinta banget yaa mas sama saya ?
Reza : iya , kan itu dulu alasan kenapa kita nikah . cinta aja ga cukup.
Luna : saya tadi ketemu Olive, dia bilang semuanya ke saya . dan saya gak abis fikir kenapa saya bisa segitu sayangnya ke kamu.Alasan kenapa kita rujuk . Gak ada alasan kenapa kita rujuk karena gak ada alasan juga kenapa kita berpisah. Aku inget kata kata kamu waktu kita nikah. Kamu bilang “adanya kamu udah melengkapi saya sesempurna mungkin.”. Aku sayang banget sama kamu mas .
Reza : (mencium tangan Luna )
Luna : inget kan mas, saling melengkapi? Mmm tapi tunggu-tunggu kamu udah ga ada hubungan lagi kan sama si Shinta Shinta itu ?
Reza : astagfirullahal’adzim neng saya lupa. saya ada janji ketemu dia sekarang ?
Luna : huuuhhh !
Reza : ga sayang, becanda . Aku sayang banget sama kamu .
**Disisi lain Shinta yang mau berangkat ke Newyork untuk pemotretan sedang berkemas kemudian datanglah Alex sang manajer .**
Alex : Shin ..
Shinta : Masuk aja Lex, gue udah mau selesai ko .
Alex : ngapain lo buru2? orang jadwal lo ke New York udah gue cancel semua kok .
Shinta : terserah deh, pokonya gue tetep mau pergi .
Alex : kayaknya lo berdua musti gue tinggal dulu deh .
Shinta : (kebingungan dengan perkataan Alex)
** Tiba-tiba Heru suami Shinta datang .**
Heru : Shinta saya gak mau kita cerai .
Shinta : tapi mas,  ibu gimana ?
Heru : ibu udah saya urus . kamu tetep mau kan jadi istri saya ?
Shinta : mmmm( menganggukan kepala sambil tersenyum).
**Merekapun berdua rujuk dan kemudian hidup sebagai suami istri yang saling mencintai lagi . Luna dan Reza akhirnya memilih untuk mengadopsi anak untuk melengkapi kebahagiaan mereka .**


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh aspek Ketahanan Nasional pada kehidupan berbangsa dan bernegara,keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia

Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional Pada Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara.
Berdasarkan pemahaman tentang hubungan tersebut diperoleh gambaran bahwa konsepsi ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antar aspek yang mendukung kehidupan yaitu: 1)Aspek yang berkaitan dengan alamiah yang bersifat statis, meliputi aspek geografi, kependudukan, dan sumber daya alam. 2) Aspek yang berkaitan dengan sosial yang bersifat dinamis meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hanka 1.Pengaruh Aspek Ideologi Secara teori, suatu ideologi berasal dari aliran pikiran dan merupakan pelaksanaan dari sistem pemikiran itu sendiri. a.Ideologi pancasila Pancasila merupakan kesatuan yang utuh sehingga pemahaman dan pengamalannya harus mencakup semua nilai yang terkandung didalamnya. b.Ketahanan pada aspek ideologi Ketahanan ideologi diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan ideologi bangsa indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan kekuatan nasional dalam menghadapi d…

Karya Ilmiah Kekerasan Terhadap Kaum Perempuan

BABI PENDAHULUAN
1.1Penegasan Mengenai Judul
Karya ilmiah yang berjudul “Kekerasan Terhadap Kaum Perempuan” menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mempunyai arti sebagai berikut : Kekerasan : Perbuatan seseorang yang menyebabkan cidera atau matinyaorang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain. Terhadap: Kata depan untuk menandai arah. Kaum: Golongan (sepaham, sepangkat, dsb) Perempuan :Orang (manusia) yang mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui.
1.2Alasan Pemilihan Judul
Kekerasan terhadap perempuan pada dasarnya merupakan kekerasan dimana yang menjadi korbannya adalah perempuan baik di lingkungan rumah tangga maupun di luar lingkungan rumah tangga. Berbagai jenis kekerasan terhadap perempuan, seperti perkosaan, pelacuran, pornografi, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Yang lebih menyedihkan kasus tersebut dari waktu ke waktu terus meningkat. Korban KDRT yang cukup menonjol berdasarkan data Komnas Perempuan adalah kekerasan terhad…

Makalah Derivatif

MAKALAH DERIVATIF




Disusun oleh :
Nama : Hamidah Kelas : 2EA01




FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 2014










KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia yang diberikan-Nya, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini berjudul “Derivatif”. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai syarat tes menjadi assisten laboratorium manajemen dasar, selain itu juga untuk lebih memperluas pengetahuan para mahasiswa khususnya bagi penulis. Penulis telah berusaha menyusun makalah ini dengan baik, namun penulis pun menyadari kesalahan dan kealfaan, karya tulis ilmiah ini jauh dari kata sempurna. Namun berkat arahan, bimbingan, dan bantuan dari berbagai pihak sehingga karya tulis ilmiah ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan dan bimbingan.